Minggu, September 18, 2011

10 Situs Religius Kuno

Tempat beribadah adalah sebuah tempat dimana orang-orang beragama menjalankan ibadahnya. Beberapa tempat diantaranya telah berada selama ratusan, atau mungkin ribuan tahun lamanya. Dan sekarang, banyak tempat beribadah yang tidak hanya menjadi sebuah tempat menjalankan ibadah, namun juga sebuah objek wisata. Dan juga banyak tempat yang dulunya hanya tempat beribadah, sekarang menjadi sebuah objek wisata. Berikut diantaranya 10 tempat beribadah yang terkenal yang salahsatunya dari Indonesia :D

10. Kompek Kuil Karnak –Mesir


Kuil karnak dibangun pada abad ke-14 SM oleh fir'aun Ramses II. Jutaan turis datang ke Luxor untuk mengunjungi kuil ini setiap tahunnya. Karnak berada di sebelah Sungai Nil, dan merupakan salah satu situs kagamaan kuno terbesar di dunia. Struktur bangunan, pilar, obelisk akan terlihat familiar meskipun Anda belum pernah mengunjungi tempat ini, karena tempat ini adalah salah satu lokasi syuting film Transformes: Revenge of The Fallen.

9. Callanish Stones –Inggris Raya


Callanish Stones diperkirakan telah berdiri sejak 2900-2600 tahun SM, tahun yang sama ketika batu-batu untuk Stonehenge dibawa. Legenda mengatakan bahwa batuan yang pucat yang terdapat disana adalah sisa dari para Raksasa yang menolak untuk memeluk agama Kristen, kemudian Santo Kiaran mengubah mereka menjadi batu sebagai hukuman.

8. Ziggurat of Ur –Irak


Epos Raja Gilgamesh adalah sebuah cerita yang tertulis paling tertua yang pernah ada. Dalam Epos tersebut, yang ditulis di milenium kedua SM, diceritakan Raja Gilgamesh menyombongkan kuil yang dibangunnya, dan kuil tersebut adalah Ziggurat of Ur. Zigurat tersebut pertama kali dibangun pada awal zaman perunggu dan direkonstruksi beberapa kali, untuk menghormati Dewa Nanna. Struktur yang sekarang terlihat adalah struktur yang telah diperbaiki oleh Saddam Hussein dan kerusakan ringan saat Perang Teluk.

7. Piramida Totihuacan –Meksiko


Asal-usul piramida Totihuacan sampai saat ini masih diperdebatkan. Walaupun telah diketahui, bangungan ini selesai dibangun pada tahun 450 M. Siapapun yang membangun ini, Totihuacan adalah salah satu tempat paling dikenal di Dunia Baru. Piramida tersebut terkenal sebagai tempat pengorbanan hewan dan manusia, yang mungkin didedikasikan untuk bangunan baru.

6. Dephi –Yunani




Meskipun tak semenakjubkan Totihuacan, Delphi telah memberikan efek yang mendalam terhadap dunia barat. Tempat ini adalah pusat pemujaan Dewa Apollo, dan dihormati sebagai tempat yang sakral oleh orang-orang Yunani. Kompleks kuil tersebut sekarang telah menjadi reruntuhan, dan berada di kaki gunung Parnassus. Reruntuhan dari kuil, stadium, dan tempat suci masih menunjukkan tempat perkumpulan yang penting.

5. Candi Borobudur  –Indonesia



Borobudur adalah sebuah struktur yang dibangun pada abad ke-8, yang ditemukan pada abad ke-19 ditengah hutan. Strukturnya kira-kira tersusun dari 56 ribu meter kubik batu, yang disusun 6 tingkat, setiap tingkatnya dihiasi dengan dekorasi dinding yang diukir. Terdapat 500 patung Buddah yang dulu digunakan untuk beribadah. Kita harus melewati 6 tingkat pada candi untuk sampai ke puncaknya. Di atas puncaknya, kita akan melihat 3 stupa. Letusan gunung berapi berisiko merusak Borobudur. Letusan gunung berapi yang terjadi pada tahun 2010 menyebabkan Borobudur ditutupi oleh lapisan debu.

4. Gua Ajanta –India



Konstruksi gua ini diperkirakan dimilulai pada tahun 200 SM, dan selesai pada tahun 600 M. Seperti Borobudur, gua ini juga dibiarkan begitu saja selama berabad-abad. Gua ini ditemukan oleh seorang perwira Inggris, John Smith ketika sedang berburu harimau pada tahun 1819. Anda masih bisa melihat nama dan tanggal ia menemukannya di dinding gua tersebut. Di dinding-dinding gua terdapat 20 ukiran yang berhasil digali. Ukiran-ukiran tersebut terdiri dari patung dan lukisan yang dianggap sebagai mahakarya India Kuno. Kebanyakan ukiran tersebut menceritakan kisah kehidupan Buddha, dan sisanya menceritakan kehidupan masyarakat di zaman tersebut.

3. Phanteon –Italia



Phanteon telah ada bertahun-tahun yang lalu, namun yang Anda lihat sekarang didesain oleh Kaisar Hadrian, dan dibangun pada tahun 192 M. Bangunan ini diubah menjadi Gereja umat Kristen pada abad ke-7, namun bentuk bangunan aslinya masih bisa terlihat. Bagian depan bangunan ini menunjukan ciri khas bangunan Romawi dengan tiang-tiangnya. Ditengah-tengah kubah bangunan ini, terdapat sebuah "oculus", yaitu satu-satunya lubang yang memungkinkan cahaya bisa masuk ke dalam bangunan tersebut.

2. Hypogeum –Malta



Hypogeum adalah satu-satunya contoh bangunan kuil prasejarah yang dibangun di bawah tanah. Hypogeum dibangun pada tahun 3500 SM, membuktikan bahwa bangunan ini benar-benar bangunan kuno. Hypogeum merupakan campuran dari gua alami, dan galian sedalam 3 tingkat. Di Hypogeum terdapat sebuah ruangan yang dapat memantulkan suara (gema), yang apabila kita berteriak akan terdengar ke seluruh Hypogeum. Mengunjungi Hypogeum tidak bisa sembarangan, dengan alasan pemeliharaan terhadap lukisan yang berada di dinding. Hanya 80 pengunjung yang diizinkan setiap harinya.

1. Göbekli Tepe –Turki




Jika Hypogeum dianggap sebagai situs kuno, maka Göbekli Tepe dianggap sebagai situs purbakala yang lebih tua. Tempat ini adalah bangunan tertua buatan manusia yang pernah ditemukan. Göbekli Tepe tersusun dari 20 bangunan bundar yang tersebar diseluruh puncak bukit. Yang tersisa sekarang hanyalah beberapa pilar batu kapur yang terdapat ukiran binatang didindingnya. Walaupun tempat ini tidak dipastikan sebagai situs religius yang purba, namun tetap saja tempat ini menarik. Tempat ini diduga telah dibangun sejak 10ribu tahun SM. Ini lebih awal dari semua peradaban yang diketahui. Dan jika tempat ini sebuah kuil, kemungkinan adalah sebuah kuil pertama yang dibuat.

Itulah beberapa situs religius kuno. Dari mulai sebelum terciptanya peradaban manusia, hingga zaman kerjaan kuno. Dari beberapa tempat diatas, yang pernah saya kungjungi hanyalah Candi Borobudur :D

[Sumber]

0 comments:

Posting Komentar

Sisihkan sedikit waktu Anda, untuk berkomentar :D

Delete this element to display blogger navbar