Rabu, April 28, 2010

7 Film Tentang Monster Terpopuler

Lagi-lagi saya mendapatkan ide untuk artikel blog ini dari sebuah program disalah satu televisi swasta bernama "On The Spot". Tahu 'kan? Yang ada di Trans7 itu tuh... Nah berikut ini tentang 7 film yang menceritakan tentang monster. Tapi ada salah satu judul film yang menurut saya temanya tidak berkaitan tentang monster, melainkan lebih mengarah kepada cerita alien(tebak sendirilah judulnya apa), jadi saya mengganti film tersebut dengan film yang benar-benar bertema monster. 

Di dunia ini, banyak sekali tema tentang film. Dan salah satu tema yang terkenal dan menarik tentunya adalah film yang menceritakan tentang “monster”. Tentu saja film-film seperti ini sangat di gemari oleh siapapun. Baik oleh anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa.

Nah, saya akan memberikan list 7 film yang populer, yang mengangkat tema mengenai monster. Saya akan urutkan daftar ini sesuai dengan tahun produksi filmnya. Tapi karena ada beberapa film tersebut yang dibuat sekuelnya, jadi saya akan mengurutkan sesuai tahun produksi film pertamanya. Karena ada satu atau dua film dalam daftar berikut ini yang merupakan versi remake-nya, maka saya juga akan mengurutkan sesuai versi remake-nya saja yang menurut saya notabene lebih terkenal :D Berikut ketujuh film tersebut:

1. Tremors(1989)



Film yang dibintangi oleh Kevin Bacon, Fred Ward dan Finn Carter ini adalah film yang bertemakan tentang penduduk kota kecil Nevada yang diteror oleh makhluk cacing subterania yang disebut "Gabroid”. Film ini disutradarai oleh Ron Underwood. Diikuti oleh beberapa sekuelnya; Tremors 2: Aftershocks, Tremors 3: Back to Perfection, satu prekuel Tremors 4: The Legend Begins, dan serial televisi Tremors: The Series.


2. Jurassic Park(1993)



Jurassic Park adalah film yang diadaptasi dari novel karya Michael Crichton yang berjudul sama di sutradarai oleh Steven Spielberg. Dibintangi oleh Sam Neil, Laura Dern, Jeff Goldblum, dan Richard Attenborough. Bercerita tentang sekelompok ahli purbakala yang diminta oleh pemilik taman prasejarah ini untuk melakukan inspeksi keselamatan sebelum taman ini dibuka. Namun, dipertengahan kunjungan mereka, salah seorang dari mereka melakukan kesalahan fatal dengan mencuri salah satu embrio hasil kloning tim ilmuwan.

Film ini menggunakan teknologi animasi go motion untuk pengambilan gambar jarak jauh. Dan tentu saja untuk jarak dekat cukup dengan boneka dinosaurus yang dibuat mirip sedemikian rupa seperti bentuk aslinya. Film ini diikuti oleh sekuel lainnya; The Lost World: Jurassic Park (1997) dan Jurassic Park III (2001). Serta diisukan akan diproduksi juga film Jurassic Park IV.

3. Anacondas(1997)



Berceritakan tentang kru film National Geographic yang diculik oleh ular anaconda raksasa ketika menelusuri Hutan Hujan Amazon. Film yang disutradarai oleh Luis Llosa, dan dibintangi oleh Jennifer Lopez, Ice Cube, Jon Voight ini sangat menegangkan. Dalam film keduanya(Anacondas: Hunt For The Blood Orchid), dikisahkan bahwa mereka akan mengambil sebuah anggrek berdarah yang dapat membuat manusia awet muda, dan bahkan dapat menyembuhkan kanker. Dan anda tahu apa? Lokasinya diceritakan berada di Borneo(Kalimantan), Indonesia.

4. Godzilla(1998)



Godzilla adalah film Hollywood hasil remake dari sebuah film Jepang yang berjudul sama. Ceritanya adalah tentang kesalahan percobaan nuklir yang mengakibatkan pemutasian hewan kadal menjadi monster yang berbahaya.

Film yang disutradarai Roland Emmerich ini yang diharapkan akan mendapatkan US$ 90 juta, ternyata tidak dapat memenuhi target pendapatan. Pemutaran minggu pertamanya, 'Godzilla' hanya mendapat US$ 44 juta.

5. Lake Placid(1999)



Film ini menceritakan tentang teror buaya pemakan manusia sebesar 30 kaki yang meneror sebuah danau bernama Black Lake, Maine, Amerika Serikat. Paleontologis Kelly Scott (Bridget Fonda), seorang pengawas danau bernama Jack Wells (Bill Pullman), sherif lokal Hank Keough (Brendan Gleason) dan Profesor Hector Cyr (Oliver Platt) tertarik untuk menyelidiki fenomena tersebut. Tetapi ternyata mereka memilki niat yang berbeda. Jika Jack dan Hank ingin ingin membunuh monster tersebut karena terlalu berbahaya jika dibiarkan hidup, sementara Kelly dan Hector ingin menangkap buaya itu hidup-hidup karena ingin dijadikan bahan penelitian.

Film ini disutradarai oleh Steve Miner. Berhasil meraup kentungungan kotor sebesar US$ 50 juta lebih. Sebuah keuntungan yang lumayan untuk sebuah film yang ber-budget US$ 20 juta lebih ini.
6. King Kong(2005)



King Kong menceritakan seorang sutradara film dokumenter yang akan shooting di pulau terpencil, Skull Island. Namun ditengah perjalanan menuju pulau, Ann Darrow (Naomi Watts) salah seorang aktris yang mengikuti perjalanan tersebut, di culik oleh suku asli pulau tersebut untuk dikorbankan kepada dewa mereka yang bernama Kong, yang tidak lain adalah  seekor gorilla raksasa (King Kong). Namun bukannya memakan Ann, Kong malah menyelamatkan Ann dari serbuan dinosaurus T-Rex yang ingin memangsa Ann. Menurut saya, film ini bertemakan percintaan antara seekor hewan dengan manusia. Karena di film ini, terlihat Kong sangat menyukai Ann.

Disutradarai oleh Peter Jackson, dengan bintang utama Naomi Watts, Jack Black, Andrien Brody. Film ini memakan biaya sebesar US$ 207 juta, dan mendapatkan keuntungan kotor sebesar US$ 550 juta. Merupakan salah satu film termahal dalam sejarah perfilman Hollywood.

7. Cloverfield(2008) 



Lima pemuda New York mengadakan pesta perpisahan salah satu teman mereka saat sesosok monster berukuran raksasa menguasai kota tersebut. Dikisahkan dari gambar yang berhasil mereka rekam, film ini merupakan sebuah dokumentasi atas keberhasilan mereka meloloskan diri dari kejadian paling mengerikan dalam hidup mereka.
Film ini terinspirasi dari film yang mengangkat tema yang sama seperti Godzilla. Sang sutradara (Matt Reeves) mengatakan: "Kami melihat semua mainan Godzilla, dan saya pikir, kita(orang Amerika) butuh monster tersendiri, dan tidak seperti King Kong. Saya menyukai King Kong. King Kong sangat menawan. Dan Godzilla adalah rakasa menawan. Kami mencintai Godzilla. Tapi saya hanya ingin sesuatu yang gila, dan intens," pukasna. Anda akan dibuat penasaran oleh film ini, karena selama film, sosok monster itu tidak ditampilkan, hanya efek gempa dan suaranya saja yang ada. 

Berbagai sumber.

0 comments:

Posting Komentar

Sisihkan sedikit waktu Anda, untuk berkomentar :D

Delete this element to display blogger navbar